TANYAKAN HATI KECILMU

Orang yang jujur memang sudah langka. Kejujuran, kata orang, adalah uang yang berlaku di mana saja. Maka dari itu, jujur amatlah sulit untuk dimiliki setiap orang. Jujur memang sakit, jujur kadang tidak menyenangkan, jujur tidak merasa bebas, dan seterusnya. Jujur itu beresiko, dan memang begitu.



            Namun, orang jujur tidak akan rugi. Dengan jujur, orang akan merasakan hidupnya tentram, dan tidak ada yang berkecamuk dalam pikiran. Berbeda dengan orang yang suka berbohong, dalam pikirannya akan berkecamuk, perbuatannya itu kadangkala menumbuhkan akibat yang buruk.
            Jujur, memang menyakitkan untuk dikatakan. Kita bisa saja bohong dengan diri sendiri dan orang lain, namun ada yang kata orang dinamakan hati kecil, ia tidak bisa dibohongi. Dan memang benar, ada satu bagian dalam diri manusia, yang tidak bisa dibohongi. Iya, tadi, dia adalah hati kecil. Hati kecil akan selalu bertanya apakah yang kita lakukan tadi baik-buruk, atau ia akan menyesali perilaku yang dilakukan.
            Saya yakin setiap orang mempunyai hati kecil. Coba saja sekarang kamu bayangkan sebuah kebohongan dan mencoba membohongi orang lain, apa yang akan diucapkan hati kecil? Ia akan memberontak, dan sesekali membisikimu bahwa yang dilakukan itu adalah buruk, tidak baik.
            Kadar hati kecil di setiap manusia bervariasi. Ada yang suara hati kecilnya hampir tidak terdengar, ada pun yang sangat nyaring suaranya. Hati kecil sesungguhnya adalah diri kita, di sana kita-yang-sebenarnya-tertera.
            Jujur memang memiliki banyak resiko, kata orang, jadi banyak orang yang memilih untuk berbohong agar tidak terkena akibat dari kejujurannya. Mereka berdalih jika perilakunya dijujurkan maka akan sangat memalukan, sangat membuat orang kecewa dan seterusnya.
            Namun ada sebagian orang lagi yang sangat jujur. Entah apa yang membuat mereka seperti itu. Bahwasanya mereka sangat terbuka dan memberi tahu dengan penuh kejujuran. Sehingga apa yang dikatakan kadang menumbuhkan yang dinamakan sakit hati, kecewa dan seterusnya. Iya, karena jujur itu.
            Bagi saya lebih baik seperti itu daripada bohong. Bohong adalah segala usaha untuk menutup-tutupi dalam diri yang sebenarnya.
            Setiap orang bisa dipastikan pernah berbohong dan jujur. Dan kadang, untuk berkata jujur itu sangat berat, berbeda dengan berbohong yang dengan entengnya untuk dikatakan.
            Nah, sekarang, sudahkan kamu betanya kepada hati kecil kamu?

            Apa yang dia katakan padamu?


MEREKA YANG TELAH MENGETAHUI DIRINYA, TELAH MENGETAHUI TUHANNYA—MOHAMMAD, THE PROPHET
Comments
3 Comments

3 komentar

orang jujur hidupnya pasti damai, beda dengan orang yg suka bohong. pasti dihantui rasa bersalah :D

Reply

Terkadang menjadi jujur itu pilihan terbaik meskipun terkadang sulit

Reply

jujur adalah pilihan disaat yang tepat. berlakulah jujur jika ingin dipercaya orang *sok bener gue*

Reply

Posting Komentar