Beberapa Angkatan di Dalam Sastra (Catatan Kelas 10 SMK)

Kata kebanyakan orang, pelajaran Bahasa Indonesia tuh' mudah. Wong bahasa yang biasa kita pakai sehari-hari, kenapa harus dipelajari? Begitu pikir mereka.

Hai! Bahasa Indonesia tak semudah itu. Nyatanya, ketika saya UAS dan duduk bersama anak kelas 10 (saya kelas 11), kerena saat itu tempat duduk diseting sedemikian rupa. Ketika itu pelajaran Bahasa Indonesia untuk kelas 10 dan Bahasa Inggris untuk kelas 11. Kebetulan di samping saya wanita begitu pula di belakang saya. Mereka berdua saling bekerja sama dan sama-sama kesulitan. Melihat itu, saya geram, dan mengasih jawaban yang benar kepada mereka tanpa sepengatahuan pengawas. Awalnya saya berdalih agar mereka tidak brisik--membuat saya tidak konsen, malah lama-kelamaan banyak jawaban yang saya berikan. Tidak apa, sebut saja ini membantu. Dan pada akhirnya saya dahulu yang menumpulkan kertas jawaban.

Nah, saya juga pernah merasakan kelas 10 SMK. Untuk kali ini, saya akan membahas mengenai....

BEBERAPA ANGKATAN DI DALAM SASTRA, kalau begitu, langsung saja kita simak.

1. Angkatan 20 (Angkatan Balai Pustaka).
Pelopor: Mara Rusli
Tema: Terikat akan adat-istiadat yang karyanya berupa Roman (cerita dari lahir sampai meninggal).

2. Angkatan 30 (Angkatan Pujangga Baru).
Pelopor: STA (Sutan Tabir Alisyabana).
Tema: Emansipasi Terhadap Wanita.
Karya yang dihasilkan berupa Novel, Cerpen dan sebagainya.

3. Angkatan 45
Pelopor: Chairul Anwar dan WS. Rendra.
Tema: Kepahlawanan (Heroistis)
Kerya yang dihasilkan adalah berupa Puisi.

4. Angkatan 66
Pelopor: Taufik Ismail
Tema: Menumpas Kebohongan.
Kaya yang dihasilkan sama seperti angkatan 45, puisi.


Demikianlah BEBERAPA ANGKATAN DI DALAM SASTRA yang penulis ambil dari buku catatan kelas 10 SMK. Semoga dapat bermanfaat dan membuka wawasan mengenai pembendaharaan ilmu Bahasa Indonesia.***

Afsokhi Abdullah
Kosan, 28 Februari 2015
Comments
3 Comments

3 komentar

Terima kasih kak sudah berkunjuung ...

Reply

Pelajaran bahasa indonesia adlh pelajaran yg paling greget :v

Reply

Posting Komentar