"KAK EYD"



Esa Mutiara. Dari namanya, kita bisa menebak bahwa cewek ini anak pertama. Dari namanya pula, kita bisa tahu kalau dia anak rohis (apa hubungannya?)
 Perkenalkan, dia bisa dibilang teman gue, lebih tepatnya adik kelas sejak SMP..  
            Ketika SMP, gue sama sekali ndak kenal sama cewek satu ini. Bahkan gue baru kenal sama dia pas satu sekolah di SMK. Itu pun gara-gara ada seminar bareng yang kami ikuti. Berjalannya waktu, kami dekat dan udah gitu aja. Ngoahaha..
            Hingga akhirnya, kemarin dia bilang ke gue untuk menuliskan tentangnya. Gue bingung nulis apa. Tapi semoga aja postingan ini bisa memenuhi ekspetasi dia.
            Gue mulai dari mana ya..
            Hm.
            Jadi gini, cewek satu ini menurut gue kalau emang lu belum kenal, tampak begitu judes atau bahkan cuek. Kalau udah kenal, beuh, dia emang bener super judes dan cuek. Tapi sebentar, hal itu akan terjadi kalau lu bikin dia bete. Selama ini sih berteman sama dia, ndak terlalu bermasalah sama hal ini. Ya enjoy aja..
            Menurut temen-teman gue, doi ini cantik. Bagaimana ndak? Lihatlah, dia menutup auratnya, wajahnya berseri-seri, murah senyum, dan begitu menggemaskan. Selain cara bertuturnya yang lembut. Ditambah lagi, di sekolah dia sering membaca al-qur’an gitu.
            Jadi di sekolah kami setiap hari tepatnya setelah bel masuk sekolah, akan ada yang namanya KI1. KI1 ini, untuk yang beragama islam membaca al-qur’an, dan yang non-muslim beribadah menyesuaikan.
            Dan si doi ini, sering banget baca al-qur’an lewat speker sekolah untuk mempimpin kami satu sekolah membaca al-qur’an. Suaranya merdu, enak didengar dan rasanya pengin terus dengerin sampe lupa baca al-qur’an sendiri. Astaghfirullah..
            “Siapa tuh yang baca al-qur’an?” tanya temen gue suatu hari.
            “Paling si anu,” gue menyebut namanya.
            “Dia adik kelas lu waktu SMP kan? Cantik lu gila,” katanya sambil melotot ke arah gue. Gue ndak menjawab, cuma menempeleng kepalanya.
            Kata doi, dia minta gue nulis tentang dia atas dasar kenang-kenangan karena gue mau lulus. Walaupun sampai saat ini pengumuman kelulusan belum terang benderang. Semoga aja sih gue lulus. Biar tulisan yang udah telanjur diposting ini ndak malu-maluin, hihi..
            Selain itu, si doi ini bisa dibilang sedang memperbaiki dirinya. Jadi buat kalian yang berharap bisa dekat TERUS mencoba melancarkan rayuan gombal TERUS nembak TERUS berharap pacaran. Gue rasa ndak mungkin.
            Bukan apa-apa, gue yakin sama si doi pasti dia bersungguh-sungguh dalam hal di atas. Gue sebenernya juga ndak deket-deket amat sama dia, apalagi sampai-sampai pacaran atau apalah. Biar, biarkan si doi asyik dengan dunianya sendiri. Ini bukan berarti dia ndak mau berteman sama kalian. Bolehlah kalau itu. Tapi ingat aja apa yang gue omongin barusan.
            Btw, doi ini anak akuntansi, paling jago ngitungin duit walau ndak ada duitnya. Pun suka dunia psikologi. Awalnya, itu gara-gara salah-satu guru di SMP bernama Bu Sri sering berbicara psikologi di pelajarannya. Tertariklah si doi ini, dan sering pula minjem buku ke gue tantang psikolog. Gue juga suka psikolog sih, punya beberapa bukunya juga. Kenapa gue suka? Karena di dunia psikolog tuh mengasyikan, kita belajar tantang kemungkinan-kemungkinan manusia yang bisa dibedakan berdasar ‘yang telah Tuhan berikan sejak lahir’, dan banyak lagi.
            Kalau si doi ini minjem buku, cepat juga kembaliinnya. Gue curiga metode apa yang dia anut dalam membaca buku. Jangan-jangan bukunya ndak dia baca, pinjem cuma biar deket sama yang punya buku aja? Ngohaha..
            Gue juga pernah terlibat dalam satu ekskul sama si doi. Yakni ekskul PIK dan Jurnalis. Tapi keterlibatan ini ndak berlangsung lama. Mungkin karena si doi ini bosenan kali ya? Mungkin..
            Di jurnalis, dia minat banget menjadi orang yang mewawancarai narasumber. Maka pernah beberapa kali dia menghasilkan satu berita dan gue yang nulis. Dan sekarang, kedua ekskul itu di sekolah entah bagaimana kabarnya, barangkali sudah tinggal kenangan, huhuhu…
            Gue rasa, postingan ini sudah lumayan panjang. Jadi gimana? Tutup aja nih?
            Eits bentar-bentar. Ada satu lagi nih, yaitu asal-usul panggilan Kak EYD. Sungguh, ini panggilan paling absurd yang pernah ada yang disematkan pada gue.

ini pas ada kegiatan bareng..


            Jadi, waktu itu gue lagi sakit hati karena dikasih komentar sama admin kampusfiksi tentang tulisan gue yang berantakan. EYD berantakan, metafor, analogi dan sebagainya. Maka gue beli buku EYD untuk memperbaiki salah satunya. Yang lain gue belajar dari buku-buku nyastra.
            Nah, buku EYD ini sering gue bawa dan dibaca di blankon sekolah sambil duduk dan menikmati suasana sekolah, di samping pohon. Mungkin beberapa orang di bawah atau di bagian manalah di gedung sekolah kami, ada yang liat gue lagi baca buku EYD. Termasuk si doi ini. Akhirnya terciptalah: Kak EYD itu lahir. Yups, kak Ejaan yang Disempurnakan. Ngoha..
            Ada-ada aja emang. Tapi ya gue terima panggilan itu dengan lapang dada. Kadangkala kalau ketemu dan doi panggil gue, orang yang denger sering senyum-senyum ndak jelas gitu.
            “KAK EYD!”
            Mana ada orang punya panggilan seperti itu? ngoahaha..
            Dah, gimana? Sampai sini aja tulisan ini? Yaudah.***


ini dia sosoknya!
Comments
7 Comments

7 komentar

Cieee naksir ya sama ceweknya. Btw keren juga itu, jago ngaji pasti suaranya bagus. Sempet ngakak pas baca "suka ngitung duit tapi gaada duitnya" hahaha.

Ohya, ini kayaknya pertama kali deh ke sini. Salam kenal, semoga bisa mwnjadi teman. :)

Reply

kayaknya ceweknya yang naksih saya, kak :(

Reply

btw, itu gambar pembukanya nyeremin :(

Reply

KAK EYD? haha ini panggilan yang unik nih X)
Jarang-jarang ada panggilan yg kayak gini

Reply

bagus juga log dipanggil kak EYD :D

Reply

NICE ARTIKEL, salam blogger :)

silahkan berkunjung balik di blog saya
- http://pusatgameplaystation.blogpsot.com
- www.dzikirsm.web.id

Reply

Posting Komentar