Serabi Solo di Jakarta


Srabi Solo atau Serabi Solo adalah sebuah makanan ringan ala Solo, Jawa Tengah. Makanan ini terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan santan dan digoreng di atas arang atau kompor gas yang khas. Srabi adalah jajanan khas dari Solo yang terbuat dari santan kelapa dicampur dengan sedikit tepung, yang  menjadikannya bercita rasa gurih. Bisa juga diberi taburan berupa potongan pisang, nangka atau bahkan meses dan keju bila suka. Srabi yang terkenal berasal dari daerah Notokusuman, Solo, yang sering disingkat menjadi Notosuman (Srabi Notosuman).









Rasa Serabi Solo amat khas, legit, manis, dan lezat di lidah, selain itu juga mengenyangkan. Serabi Solo masih menggunakan bahan-bahan tradisional. Karena itulah, Serabi Solo hanya bisa bertahan satu hari, dengan kata lain, tanpa bahan pengawet.

Kudapan yang satu ini, sungguh sarat akan budaya dan amat kental akan ke-khasan-nya sebagai makanan tradisonal asli Nusantara. Sudah ada sejak 1932, Serabi Solo memiliki sejarah yang unik. Di daerah Notosuman, Solo, kita bisa menemukan beberapa penjual serabi, konon mereka berasal dari satu keturunan yang sama, yaitu Hoo Gek Hok. Salah satu yang terkenal di daerah Notosuman adalah serabi Ny. Handayani.


ini dia serabi solo Ny. Handayani yang terkenal itu...


Serabi sebenarnya adalah semacam pancake yang adonannya terdiri dari tepung beras, santan, gula, garam, dan daun pandan sebagai pewangi. Teksturnya kenyal namun tetap lembut, dan rasanya sangat legit. Berbeda dengan kue serabi atau surabi di daerah lain, serabi khas Solo atau serabi Notosuman dihidangkan tanpa kuah manis.

Dan kini jika Anda ingin mendapatkan kenikmatan dari Serabi Solo, tak usah jauh-jauh ke Solo. Sekarang di Jakarta pun sudah ada. Berdiri kira-kira pada tahun 2009, Serabi Solo di Jakarta pun dapat kita dapati dengan mudah.







Bertempat di Lokasari, Mangga Besar. Penajaja Serabi Solo buka sejak sore jam 5 dan tutup pada malam jam 10. Mengingat adonan yang tanpa pengawet maka harus cepat-cepat dimasak dan dijajakan.

Kita bisa mendapatkan satuanya dengan harga bersahabat. Hanya dengan Rp 2.500 kita sudah bisa mendapatkan Serabi Solo yang nikmat itu. Biasanya, jika kita memesan dalam jumlah besar, kita bisa mendapat potongan harga.

Tak jarang juga, pemesan memesan Serabi Solo dalam jumlah banyak untuk acara besar, seperti arisan, kumpul keluarga, hajatan, syukuran dan sebagainya.

Serabi Solo juga cocok ditemani dengan kopi hangat manis. Rasanya serasi dan dijamin menggoyang lidah Anda.

Selain itu, di Lokasari, Mangga Besar, Jakarta Barat ini. Kita juga dapat menjumpai banyak penjaja yang menajajakan makanan dari berbagai daerah. Seperti Sate Padang, Bakso Total Solo, Durian Medan, Pempek Palembang, Dukuh, Sup Duren dan masih banyak lagi.



Pedagang kacang rebus yang berdagang tepat di depan gerobak Serabi Solo Jakarta.
















Pedagang kaki lima semacam Pecel Lele, Jagung, Kacang, Bubur Ayam, Mie Ayam, Nasi Goreng pun tak ketinggalan. Jika Anda ingin mencicipi kuliner ekstrim pun ada di sini. Semacam, Ular, Monyet, Biawak ada di sini!

Ditambah lagi, lokasinya tak jauh dari tempat pembelanjaan yang berada di Lokasari Square, hanya beberapa meter dari penjaja tadi, kita sudah bisa melihat penjaja baju-baju, alat elektronik, rumah makan, sampai diskotek dan, masih banyak lagi pastinya.

Suasanya khas ala Jakarta. Jika Anda berkunjung ke sana, Anda akan disuguhkan musik-musik yang mengalun dari beberapa kios penjaja kaset, membuat jalan-jalan Anda lebih ceria.



Nah, lengkaplah sudah Lokasari menjadi tempat rekreasi kita. Semua yang kita butuhkan ada di sini. Selamat berekreasi dan berwisata kuliner di Lokasari....




Untuk lebih lanjutnya, silakan hubungi: 08978754632 dan Twitter @AfsokhiOchi__

Afsokhi Abdullah
Jakarta, 15 Maret 2015

Sumber Referensi:

adisumarmo-airport.com

tentangsolo.web.id/serabi-notosuman.html

Wikipedia 

Tulisan ini, diikutsertakan dalam giveaway https://fasyaulia.wordpress.com/2015/02/17/3rd-birthday-giveaway/ 

Semoga bermanfaat ^_^
Comments
3 Comments

3 komentar

Di Bandung juga ada serabi notosuman, memang rasanya enak, saya juga suka. Cuma harga nya suka beda-beda dan tergolong mahal sih hehehe. Eh iya makasih udah ikutan giveaway nya :)

Reply

Di Jakarta cuma 2.500 kok, kak, menurut saya terbayar dengan lezat dan kenyangnya Serabi Solo itu, ckckck ^_^

Reply

Di Medan kayaknya belom ada serabi jenis ini.. Jadi mupeng :(

Reply

Posting Komentar