Efek Positif dalam Kesendirian

Kesendirian itu banyak yang suka dan, kadang tidak mengenakan juga. Sendiri membuat orang tenang, juga ada yang membuat orang resah. Efek terlalu sendiri bagi orang pun pasti berbeda-beda. Ada yang positif dan juga ada yang negatif pastinya. Lalu, apa dampaknya jika orang terlalu sendiri. Nah, demikian yang saya rasakan juga mungkin kamu rasakan ketika sendirian:

1. Tenang.

Ya, tenang, kita bisa bermeditasi dalam kesunyian; bisa merasa nyaman dan menikmati hidup. Ketenangan yang dihasilkan sendiri dengan ketenangan yang dihasilkan bersama orang yang disayang ada bedanya. Namun bagi saya, kedua-duanya hampir sama. Sebab, kenyamanan itu bisa saya buat lewat daya pikir. Belum lama ini saya membaca buku mengenai Daya Pikir Kreatif, karya Lilian Too, di mana di dalamnya banyak metode untuk meningkatkan Daya Kreatif melalu pikiran. Caranya adalah dengan bermeditasi. Yang paling saya sukai adalah dengan membayangkan tubuh saya di hamparan rerumputan di atas gunung; anginnya manja, ditemani waktu senja. Meditasi ini yang paling sering berhasil menurut saya. Tapi masih banyak lagi metode yang lainnya yang bisa kamu coba, ckckckc.

2. Kesepian

Yups, rasa kesepian terkadang melanda saya ketika sendiri. Tak dapat dipungkiri lagi memang, kesepian sangat identik dengan sendiri. Dibanding kesepian dalam keramaian, kesepian ketika sendiri lebih mudah diterima, ckckckc. Positifnya, dengan merasa sepi, kita akan melakukan sesuatu hal baru untuk mengisi kesepian itu. Contohnya menghasilkan hoby baru dengan mencoba-coba hal yang belum pernah dilakukan. Seperti nonton animasi, menulis, terlebih lagi baca buku yang sudah kita beli namun belum pernah disentuh sama sekali.

3. Merenung.

Kadang pikiran kita akan melayang jauh ke alam lain, entah kenapa tanpa kita kendalikan. Merenung biasanya terjadi ketika kita mulai mengingat sesuatu, seseorang atau sebuah. Merenung sangat mengasyikan ketika sendiri. Bisa bebas berimajinasi tanpa dibatasi. Cobalah merenungi kehidupan kamu dan intropeksilah, ini bisa membantu kita untuk menyingkirkan hal yang buruk dalam diri kita dengan merenungkannya.

4. Pembaharuan

Ketika sendiri, kadang banyak ide keluar-masuk begitu saja tanpa dikomando. Kadang juga mengingat dosa-dosa, kesalahan-kesalahn yang telah lalu. Dan itu membuat kita menginginkan lebih baik lagi dari itu. Atau bahkan menghilangkan kebiasaan buruk itu. Rasa pembaharuan datang bersama penyesalan. Kita menginginkan suatu yang baru, yang belum pernah ada dan belum pernah kita coba. Alangkah baiknya cenderung ke arah kebaikan. Siapa tahu itu bisa menjadi kebiasaan baru kamu yang baik. Coba sisikan waktumu setiap hari atau setiap Minggu untuk pembaharuan diri. Lakukanlah sesukamu.

Nah, mungkin itu Efek Positif dari Kesendirian, belum tentu orang yang disibukan dengan pekerjaan bisa seperti ini lho..., dan juga mereka yang punya pacar juga belum tentu lho..., jadi kendalikan ke-jombloan kita dengan efek positif deh; kendalikan kesendirian menjadi sebuah kebahagiaan.

Semoga bermanfaat yeah... ^_^

Afsokhi Abdullah
Kosan, 15 Maret 2015
Comments
5 Comments

5 komentar

Tapi jangan berlarut dalam kesendirian :)

Reply

Ya, me-time itu emang penting banget. Manusia butuh meluangkan waktu menyendiri di dunia yg berputar super cepat ini.

Reply

@Dee: Terima kasih, kak...

@Arif: Betul banget kak...

@Fikri: Yes..

Reply

Sendiri memang lebih baik (y) dan akan selalu baik dri pda harus bersosialisasi dgn lingkungan yg tdk kondusif

Reply

Posting Komentar