BALADA PRESENTASI DI KELAS



Kata presentasi sudah ndak asing lagi di telinga pelajar zaman sekarang. Sebab dengan kegiatan itu, adalah pokok dari pembelajaran mereka di kelas. Mereka akan dinilai bagaimana cara menyampaikan materi, kerja sama, pengetahuannya, keterampilannya, sikap dan seterusnya.
            Namun di balik itu semua, gue mau mengungkap, menyibak tabir..
Sumber gambar
            Jadi gini, gue sering banget presentasi ketika kelas 10 (di kelas 11 sampai 12 juga sering sih). Di kelas 10, bahkan pernah dalam satu hari, setiap pelajaran tuh presentasi, bĂȘte ndak luh? Ya pasti bĂȘte kalau yang presentasi ngomongnya kelibet-libet, berbeda kalau yang presentasi adalah cewek/cowok inceran lu. Apa pun yang ia presentasikan di depan, lu bakal percaya dan ndak banyak nanya. Hahaha…
            Pengalaman presentasi, gue mau cerita bagaimana ceritanya sebelum presentasi yang berupa power point itu bisa rampung dan disajikan di kelas. Jadi tuh yang pasti, kita sekelompok bakal mencari materi yang sudah diberikan guru, di internet. Nah, pas gue kelas 10, gue janjian sama temen-temen sekelompok gue untuk kumpul kerja kelompok di sevel Teluk Gong.
            Dalam pada itu, hanya ada satu notebook, dan gue yang mencari materi, gue yang edit ke power point, dan gue yang banyak ngomong ketika presentasi. Haha.. jadi ya mereka Cuma numpang nama di slide pertama power point.
            Mungkin ndak Cuma gue doang yang mengalami kejadian nahas semacam ini. Mungkin lu pernah? Kalau pernah, cerita dong..
            Kejadian ini ndak cuma terjadi sekali dua kali, melainkan sering, hahaha.. lu tahulah, betapa stress-nya gue ketika itu..
            Lambat laun, kami, satu kelompk, ndak lagi ketemuan di luar buat ngerjain tugas. Percuma, ngabisin ongkos, uang jajan, dan ninggalin jemuran di kosan. Kerena itu, ya tetep, gue yang ngerjain sendiri, dan presentasi yang paling banyak ngomong.
            Masih mending kalau ada anggota yang peduli sama tugas kelompoknya, kayak semacam sok nanyalah: udah jadi presentasinya? Gue bagian yang mana? Nanti gue pembukaan yah? Gue penutup! Gue kesimpulan deh..
            Ya gitu lebih mending. Lebih parah lagi kalau ada anggota yang egois, ndak nanya materi apa yang dipaparkan, atau bahkan dia lupa sama kelompoknya sendiri. Sadiss…
            Nah, kalau lu mengalami hal yang sama kayak gue, maka lu harus sering-sering refresing, jalan-jalan ke mana gitu, kalau ndak gitu, lu bisa steress dan akhirnya gila. Ngohahaha…
Comments
1 Comments

1 komentar:

itu mah wajar, nitip nama itu kebiasaan orang. saya pernah ada didua posisi tersebut. Jika materi yang akan dipresentasikan menurut saya itu menarik, saya akan antusias tetapi jika tidak, kemungkinan besar saya hanya nitip nama

Reply

Posting Komentar