KENAPA YA BANYAK CINLOK DI PRAMUKA?



Saya bertanya-tanya pada diri sendiri, kenapa di organisasi Pramuka, banyak yang pada cinlok? Al-khusus di ekskul yang, pada tempatnya di sekolah-sekolah. Kenapa ya?
            Lambat laun hal ini membuat penasaran saya, tak dipungkiri, saya sendiri adalah salah satu tokoh dalam cinlok pramuka ini. Iya, entah bagaimana menjelaskannya, tiba-tiba rasa yang bernama perhatian, suka dan seterusnya tumbuh kembang seketika bertemu dengan dia dalam pada kegiatan yang diikuti bersama-sama. 

Sumber gambar: scout.org


            Benar kata orang, cinta tumbuh karena sering berjumpa. Saya sendiri membuktikan. Namun apalah arti cinta bak pasak tenda, ditancap ketika perkemahan dan dicerabut demikian mantap ketika pulang. Itu adalah analogi sederhana tentang cinlok di pramuka, hanya seumur jagung. Akan tetapi ada juga lho yang sampai menikah. Tak menentu. Tergantung yang menjalani.

            Dalam organisasi pramuka, memang penuh rasa, dan kepenuhan rasa itu bisa jadi lebih dalam lagi ketika bertemu dengan seseorang yang menarik hati. Misalnya kalau lagi kemah, bikin tenda bareng, saling bantu. Yang cewek pegangin pasak, cowok yang menancapkan pasaknya. Bikin tandu berdua, yang cewek pegangin tongkatnya, cowok yang bikin simpul-simpulnya. Bikin pionering, saling memberi isyarat semaphore. Dan seterusnya.
            Sungguh seru memang pramuka itu, tentunnya jika dibandingkan dengan ekskul yang mainstream di sekolah-sekolah, pramuka tetap yang banyak diminati, banyak materi yang dapat dipelajari, apalagi tenggang rasa dalam menjalani, itulah keunggulannya. Satu hal yang harus kita aminkan, jika seseorang menggunakan seragam pramuka, lebihlah tampak gagah bagi cowok, dan si cewek terlihat lebih enak dilihat, tangguh, dan manis.
            Cinta tumbuh karena sering bertemu. Di suatu ekskul pramuka, pastinya punya sanggar. Sanggar adalah tempat di mana para anggota pramuka berkumpul, berdiskusi dan sebagainya. Di samping ruangan itu berfungsi sebagai menaruh barang-barang mulai dari tongkat, tenda, tali, dan masih banyak lagi.
            Nah, di sanggar, sebagai anggota pramuka pasti ada yang pernah curi-curi pandang. Apalagi, sering ada musyawarah. Jadi, dalam pada perkumpulan di sanggar, akan didengarkan pernyataan dari masing-masing anggota. Biasanya, dalam berkumpul membentuk lingkaran agar semua bisa melihat si yang bicara.
            Kadang ada rasa kagum jika si dia berbicara dalam forum begitu, dia dengan otak cerdasnya mengungkapkan. Terpanahlah hati ini dibuatnya..
            Aduh, menurut saya pribadi, cinlok di pramuka sudahlah menjadi rahasia umum. Bahkan saya punya teman, dia punya mantan pacar 4 anggota cewek pramuka yang masih satu ambalan.
            Pramuka memang memiliki banyak rasa. Mulai dari rasa yang didapatkan seperti dalam keluarga, bahkan rasa yang didapatkan seperti dalam jalinan kasih…
            Ini hanya pembahasan sempit saja, barangkali ada banyak di luar sana yang mempunyai kisah cinta dalam pramuka. Atau mungkin kamu salah satunya?***

Gambir, 15 September
Comments
0 Comments

Posting Komentar