BERANGKAT KE JAKARTA LAGI

Ketika gue mau berangkat ke Jakarta setelah 5 hari di kampung, banyak yang bilang hati-hati. Mulai dari kakek, nenek, temen-temen (ketahuilah, temen gue di sini cuma anak-anak kecil sepantar kelas 5 SD), saudara-saudara, dan masih banyak lagi.

Rasanya, perjalanan dari Kawunganten Cilacap ke Jakarta itu tuh teramat jauh, melewati mara bahaya, plus kenangan masa lalu #salahfokus

Nah, ceritanya sore itu gue berangkat ke Jakarta, pamit ke saudara-saudara. Tahun-tahun yang lalu, banyak yang ngasih uang saku, lha sekarang cuma satu yang ngasih.

Aih.. Ndak terasa, seharusnya memang gue yang ngasih uang saku itu, tahun-tahun yang lalu kan gue masih kecil, unyu-unyu begitu, ya pasti dikasih uang saku. Lha sekarang udah berkumis begitu eh begini seharusnya gue malu dikasih uang saku.

Tapi tetap saja ada yang ngasih, Lik Salud namanya. Thanks Lik Salud.. Lumayan buat beli Beng-Beng yah, Lik :3

Sekarang gue kelas 3 SMK, sejak kelas 4 SD semester 2 emang gue sekolah di Jakarta. Alhamdulilah, tanpa biaya gono-gini (kok kayak orang cerai) buat keperluan sekolah. Jadi ya ndak terlalu membebani orangtua..

Ada rasa bangga ketika jalan bareng Mamake (Ibu) ke pasar dan ketemu orang. Yang ketemu, pasti pangling sama gue ini, segera Mamake menjelaskan. Ini anak saya, sekolahnya di Jakarta, suka ngarang buku juga, dari kelas 4 SD di Jakarta alhamdulilah gratis.

Lalu yang mendengar penjelasan Mamake mantuk-mantuk (apa yah bahasa Indonesianya mantuk-mantuk?) dan tersenyum kagum.

''Pinter temen anake rika..''
Baca: Pinter ya anakmu..

Kejadian ini ndak cuma sekali dua kali..

***

Gue berangkat dari rumah ke stasiun diantar Bapake (Ayah), naik sepeda motor. Melewati jalanan yang bolong-bolong kayak kolam ikan, melewati perkampungan, hutan, sawah, petani, orang lagi maen layangan dan orang lagi boker di semak-semak.

Sore itu gue merasa nelangsa, sebenernya sih masih kangen sama orangtua. Secara, lebaran kemarin gue ndak pulkam.

Ouh..

Sesekali gue pernah berpikir, apa gue masih dianggap anak ya? Gue jarang ketemu orangtua, mereka juga ndak tahu sekolah gue kayak gimana, di kosan ngapain, gaulnya sama siapa aja, dan masih banyak lagi yang mereka ndak tahu, termasuk barisan sang mantan #ei

Sesekali kalau ketemu di rumah sama Mamake dan Bapake, gue cuma cerita masalah prestasi-prestasi yang ndak seberapa. Ndak mau cerita sengsaranya. Biarlah gue aja yang ngerasa, ndak untuk Mamake dan Bapake sing wis tua.

Motor Bapake laju dengan hati-hati, di punggung gue ada tas yang biasa digunakan untuk sekolah, di depan gue, terpangkulah kardus yang isinya oleh-oleh. Waktu terus berjalan, dan sampailah di stasiun Kawunganten jam 6 lewat setelah sebelumnya shalat Maghrib.

Sampai stasiun segera gue masuk dan Bapake pergi dengan motornya pulang dalam kegelapan. Gue sekarang sendiri di antara keramaian menunggu kereta serayu datang..

Sendiri, tila-tilo (apa yah bahasa Indonesianya tila-tilo), ndak ada teman. Menonton mereka yang bersama sanak keluarga saling bercanda dan mengobrol hangat.

Hahaha..

Sudahlah, sekarang gue udah di dalem kereta, berharap selamat sampai tujuan.

Pulang kampung yang berkesan..

Serayu Malam, Banjar, 28 September..
Comments
0 Comments

Posting Komentar