COBALAH BERMEDITASI


Pernah meditasi? Saya pernah, efeknya bagi saya adalah bisa tenang, bisa mengeluarkan diri ini dari suatu kepenatan, pikiran kusut, kebuntuan memecahkan masalah. Orang zaman dulu banyak yang bermeditasi atau lebih kita kenal dengan bertapa. Mungkin keduanya berbeda, tapi pada praktiknya agak sama sih menurut saya.

Cara bermeditasi tuh gampang. Tinggal cari tempat yang kita anggap cukup nyaman. Jangan lupa mandi dan kenakan baju yang bersih. Meditasi bisa dilakukan di kamar, pojokan rumah, atau di mana saja. Yang penting nyaman dan ndak berbau.

Setelah itu, mulai konsentrasi. Bayangkan ada satu cahaya kecil berjalan dari ujung kaki sampai ujung kepala. Pelan. Berjalan di dalam tubuh. Cahaya putih itu yang bisa mengeluarkan masalah-masalah kita. Cahaya itu yang bisa membuat kita menjadi lebih ringan. Setiap ia melewati bagian tubuh kita, seolah masalah ikut keluar bersamaan dengan cahaya ajaib ini.

Butuh konsentrasi penuh memang. Dan jangan lupa pernapasan yang teratur dan ndak terburu-buru. Bisa dibilang pernapasan mengambil andil penting dalam meditasi. Ditambah cara duduk yang benar. Harus tegak lurus.

Sebenarnya ada banyak cara untuk meditasi dan mencapai klimaksnya. Kalau saya selain menggunakan metode di atas, saya suka metode yang di mana kita seperti di sebuah pegunungan yang sangat tenang.

Caranya cukup dengan konsentrasi dan membayangkan kita sedang ada di sebuah gunung dengan angin yang sepoi, aroma tanah dan rumput yang khas, perlahan kita bisa tenggelam pada situasi ini dan ndak mau keluar.

Langkah-langkahnya mudah. Kamu duduk di tempat yang menurutmu nyaman, jangan lupa duduk yang tegak, atur pernapasanmu keluar-masuk dengan pelan. Dan mulai rasakan angin yang berhembus ke kulitmu itu angin pegunungan, tipu otakmu kalau bau yang masuk ke hidungmu itu bau tanah, apa yang sedang kamu duduki adalah rumput, dan rasakanlah ketenangannya.

Setelah selesai, mungkin 20 menit lamanya, rasakan tubuh kamu menjadi lebih baik.

Bisa dibilang kegiatan ini adalah menipu otak. Dan kita tahu otak kita luar biasa kemampuannya. Bisa menipulasinya adalah cara yang juga luar biasa: kita bisa menaklukan hal luar biasa itu!

Kadang ada yang ketika bermeditasi memejamkan matanya dan juga ada yang terus melek. Ada juga yang sambil mendengarkan lagu-lagu yang bikin tenang. Sebenarnya semuanya mengerucut pada satu hal: cari titik paling nyaman.

Kegiatan ini bisa kamu lakukan seminggu sekali, sebulan sekali, atau dua minggu sekali. Terserah. Dan menurut saya hal ini cukup membantu ketika kamu mengalami masalah atau sehabis pulang dari kerja/sekolah/kuliah yang menjemukan. Jadilah meditasi pelarianmu, selain tidak mengeluarkan biaya banyak, ini juga baik buat otak. Daripada melampiaskannya dengan menghambur-hamburkan uang? Terlepas dari itu semua, keputusan ada di tangan kamu.***
Comments
0 Comments

Posting Komentar