Aksi #AYOKEPERPUS #MEMBACAITUHEBAT

Saya pernah mengikuti seminar yang diadakan di Walikota Jakarta Barat. Di sana kami membahas tentang keperpustakaan dan minat baca. Dan, ternyata minat baca di Indonesia sungguh amat rendah. Jika dibandingkan dengan negara ASEAN, indonesia paling rendah, paling bawah minat bacanya.

Minat baca diukur dari seseorang datang ke perpus dan toko buku. Untuk lebih jelasnya silakan baca artikel ini ~> Pemahaman Perpustakaan dan Minat Baca


Selain itu, saya pernah mendapat tugas, di mana tugas itu adalah menyalin data. Di data itu, ada biodata lengkap para siswa/siswi SMK N 11 Jakarta. Pada kolom hoby, rata-rata saya perhatikan adalah: membaca novel dan mendengar musik.

Nah, berarti minat baca sebenarnya sudah ada, hanya saja tidak ada buku yang 'srek' yang diadakan di perpus sekolah.

Aksi #AYOKEPERPUS #MEMBACAITUHEBAT juga berusaha menyadarkan siswa/siswi untuk mendatangi perpus tidak hanya ketika peminjaman buku paket pejaran dan pengembalian. Melainkan, perpus adalah gudang untuk menambah ilmu, menambah materi pelajaran yang tidak didapat di kelas, secara gratis dan nyaman.



Kini perpus di sekolah kita sudah nyaman. Ada ac-nya dan beberapa pc. Nah, kalau tidak dimanfaatkan, untuk apalagi? Manfaatkanlah...! Nikmat mana lagi yang kaudustakan ngoahh….

Kadang ada beberapa siswa/siswi yang datang ke perpus hanya ingin 'ngadem' dan ngobrol-ngobrol saja. Ah, mungkin mereka belum kepincut dengan buku bagus, mereka belum sadar manfaat membaca.

Karenanya, yo kita sumbang buku yang kita punya (yang kiranya sudah tak kita perlukan lagi) ke perpus. Siapa tahu buku itu dapat mempengaruhi teman kita, membuatnya minat baca, dan menjadikan amal untuk kita. Saling berbagi itu indah, bukan?

Tidak melulu buku pelajaran yang disumbangkan, apa sajalah, mau novel, komik, dan apa pun itu. Yang penting kita ramaikan perpus dengan buku-buku bagus. Biar perpus berwarna. Kalau hanya buku non fiksi kan jadi berkesan monoton, kalau mampir ke perpus: itu lagi-lagi itu....



Nah, sekali lagi, yo kita warnai perpus dengan buku-buku bagus, bisa buku fiksi dan sebagainya. Kita dongkrak minat baca di negeri kita lewat hal yang kecil dahulu saja. Siapa tahu di antara kita akan terlahir para cendakiawan hebat masa depan karena gila membaca.

***

Kita mulai membaca untuk berekreasi, kita mulai membaca untuk senang-senang. Niscaya untuk kedepannya minat baca: khususnya di sekolah kita dan umumnya di Indonesia, akan meningkat.

Beberapa buku yang sudah disumbangkan ke perpus:
















 Dan Insya Allah akan terus bertambah ^_^




#AYOKEPERPUS #MEMBACAITUHEBAT

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan SMS: 08978754632 (Afsokhi Abdulloh)
Twitter: @madingnya11__




Comments
0 Comments

Posting Komentar