The Gifted dan Kritik Pedas Terhadap Sistem Pendidikan

di negera berkembang, pendidikan tidak lebih hanya melahirkan kelas buruh baru. Robert Kiyosaki di bukunya berbicara bahwa untuk menjadi orang kaya, memang tidak diajarkan di sekolah mana pun. dan sekolah menurutnya hanya mendidikmu dengan pola pikir buruh/karyawan.

The Gifted adalah sebuah serial Thailand yang bisa kamu tonton di youtube secara gratis. serial ini bercerita tentang sebuah kelas berbakat di sekolah kenamaan Thailand. bukan sembarang kelas berbakat, di kelas ini siswanya mempunyai kekuatan-super-yang-'dipantik' oleh sinyal buatan sekolah. 





tentu saja tujuannya adalah lulusan kelas berbakat ini dapat menjadi pekerja (buruh) yang andal dalam bidangnya ditunjang kekuatan super tersebut.

siswa di kelas ini mendapat perlakuan berbeda di sekolah, mereka mendapat fasilitas super, sedangkan siswa lainnya hanya mendapat fasilitas standar-standar saja, padahal mereka adalah siswa yang sama di sekolah tersebut. hal ini membuat Pawaret, salah satu siswa berbakat memberontak dan menginginkan sekolah 'tanpa kelas'.

hal ini tentu saja menggelitik beberapa orang, karena kalau kita tarik lebih jauh lagi, keinginan Pawaret sejalan dengan paham komunisme. tapi, ya, mau gimana lagi, untuk menggulingkan sistem yang sudah berakar bertahun-tahun, sangatlah sulit. 

menjelang akhir musim 1, Pawaret bekerja keras untuk melakukan revolusi-sekolah-tanpa-kelas. tapi untuk hasilnya mungkin bisa kita lihat di musim 2 yang sekarang ini sedang produksi. 

pada akhirnya, The Gifted bukanlah sekadar serial yang menghibur dari segi cerita, pemain, dan penyelendupan iklan yang kadang muncul di puncak konflik tanpa tadeng aling-aling. tapi ia adalah sebuah kritik pedas terhadap sistem pendidikan. di mana pengampu pendidikan sama sekali tidak paham apa yang dimau oleh siswa, dan sampai kapan pun jika sistem ini terus berlanjut, sekolah hanya terus memproduksi kelas buruh tiap tahunnya.***




Comments
0 Comments

Posting Komentar