Film Crazy Rich Asian: Romance-Comedy yang Pas


Film yang kutunggu-tunggu akhirnya tayang. Crazy Rich Asians bercerita tentang hubungan Nick (orang kaya raya) dan Rachel (profesor ekonomi) yang tidak disetujui oleh Eleanor (Ibu Nick) karena beberapa alasan. Keluarga Nick terkenal sebagai keluarga yang kaya raya, namun hal itu Nick sembunyikan kepada kekasihnya selama setahun mereka menjalin kasih.

Walhasil Rachel terkejut ketika mendapati fakta kekasihnya ternyata orang yang kaya sekaligus terkenal dan, tentu saja wanita di luar sana merebutkannya. Hal itu semakin jelas ketika Rachel diajak ke Singapura untuk diperkenalkan kepada keluarga Nick.

Sumber gambar:google


Film ini adalah buah adaptasi dari novel best seller internasional dengan judul yang sama, ditulis oleh Kevin Kwan, orang Singapura keturunan Tionghoa yang tinggal di Amerika. Ini adalah novel pertamanya dan langsung meledak. Salah satu alasan kenapa novel ini bisa laris adalah karena ia menyinggung budaya Tionghoa secara buka-bukaan.

Setting tempat di film ini juga tidak jauh dari dunia penulis, yakni Amerika dan Singapura.

Aku belum membaca novel tersebut sebelumnya, namun agaknya aku bisa menilai tokoh yang 'menempel' di film ini, juga alur cerita, adalah hasil dari novel tersebut. Rachel digambarkan sebagai wanita yang kuat dan pemberani. Kendati ia tidak direstui, namun itu tidak membuatnya gentar. Sedang Nick adalah pria yang dewasa dan cool.

Unsur komedi dalam film ini sangat apik dan begitu orisinil, ia tidak dibuat-buat dan sukses membuat penonton seisi bioskop tertawa. Komedi itu dikemas dengan sederhana baik berupa dialog maupun tingkah laku tokoh—walau hanya dalam beberapa detik saja.

Tentu saja hal itu membuat penonton merasa puas karena film ini mampu menyajikan hal romantis dan komedi sekaligus secara pas dan sempurna, hal yang tidak mudah ditemukan di film-film lain.

Film ini juga mampu menyajikan drama yang membuat penonton (termasuk aku) menangis. Aku tidak bisa menahan perasaan campur aduk di dada dari konflik yang ada di film tersebut. Aku merasa kasihan kepada Rachel, dan haru atas perjuangannya menghancurkan tembok besar.

Film dibuka dengan kegarangan Eleanor, ibu Nick yang membuat dalam berjalannya cerita, sifat itu dengan mudahnya menempel pada diri Eleanor. Peran Eleanor sangat sakral di film ini, ia adalah sosok ibu yang judes dan berpendirian, wajahnya tegas juga kata-katanya.

Jangan lupakan juga masalah yang diderita Astrid, sepupu Nick yang juga kaya raya. Astrid mempunyai masalah dengan suaminya yang bersumber dari kekayaan. ‘Kaya belum tentu bahagia’ menempel pada sosok Astrid.

Durasi film ini 119 menit, termasuk durasi yang panjang, namun tidak terasa karena membuat siapa saja bakal larut dalam ceritanya.

Film ini disambut positif oleh penikmati film, terlihat di IMDB film ini mendapat skor 7,6 dan dan 93%  di Rottentomatoes.

Comments
0 Comments

Posting Komentar