Menyelami dunia jurnalistik yang kelam bersama Cak Rusdi

Sekitar sebulan lalu aku bertemu dengan anggota ekskul jurnalis SMK-ku dulu. Di tiap tahun diadakan sebuah pertemuan untuk memperkenalkan anggota baru kepada dunia jurnalis.

Aku tidak menyiapkan materi untuk berbicara di depan mereka (karena ini mendadak). Untungnya aku belum lama ini sudah menyelesaikan buku karya Rusdi Mathari: ‘Karena Jurnalisme Bukan Monopoli Wartawan’ yang membuatku kagum.



Jadi aku bisa mengutip sedikit-banyak yang Cak Rusdi tulis di buku ini ketika aku di depan anggota jurnalis baru itu. Aku menyampaikan kepada mereka tentang blog salah satu warga Mesir yang  mengambil peran dari arus media utama, aku cerita tentang wartawan yang menulis berita tapi fiksi, tentang wartawan bodoh karena menanyakan saksi yang melihat mayat dan menanyakan hal bodoh, dan banyak lagi.

Artinya sebagian besar yang ada di dalam buku itu menempel di kepalaku, setidaknya begitu menurutku.

Melalui buku ini aku dapat menyelami dunia jurnalistik khususnya di Indonesia. Cak Rusdi dalam buku ini seperti bercerita dengan gaya santai kepada pembaca. Tapi dalam kesantaian itu, sebenarnya ia sedang membawa isu dan kasus yang tidaklah kecil.

Kebanyakan tulisan yang ada di buku ini pernah dimuat di blog Cak Rusdi dan akun Facebooknya. Jadi wajar jika buku ini terbilang ringan karena maksud dari penulisnya adalah menulis di blog dan status Facebook, bukan dimaksudkan untuk menjadi buku.

Dengan tulisan yang terbilang ringan tersebut, pembaca jadi bisa lebih akrab ketika menyelami pikiran-pikiran Cak Rusdi. Poin penting dalam buku ini adalah kritiknya terhadap media hingga profesi jurnalis itu sendiri. Ia secara blak-blakan membicarakan itu, tentu saja dibalut dengan pengalamannya yang terbilang senior di kancah kejurnalistikan nasional.

Ia berbicara tentang profesinya sendiri, di mana kebanyakan jurnalis tidak mau disandingkan dengan pekerjaan buruh lainnya. Seolah pekerjaan jurnalis kebal PHK atau dipecat. Padahal pekerjaan jurnalis sama seperti pekerja buruh lainnya, hanya saja kebanyakan orang yang bekerja di media seperti ini terlalu banyak gengsi dan menggagap dirinya lebih cerdas dari orang yang bekerja lain.

Hal itulah yang membuat pekerja media sedikit untuk membuat serikat pekerja. Padahal dengan membuat serikat pekerja, hak-hak mereka menjadi lebih diperhatikan. Gaji jurnalis juga tidak besar-besar amat, bahkan bisa dibilang miris.

Cak Rusdi juga menyebutkan pekerjaan jurnalis dewasa ini sudah mulai runtuh wibawanya di mata  masyarakat. Ia bersanding dengan politikus yang suka korup dan tebar janji. Wajar saja, karena media dewasa ini memang sudah semrawut. Dosa jurnalis, dosa media.

Jadi, masihkah jurnalis menjadi pekerjaan idaman?

Tidak hanya tulisan kritiknya tentang media, di buku ini juga ada rangkuman dari seminar Cak Rusdi. Seperti bagaimana memerlakukan sumber berita, melakukan wawancara, verifikasi, dan sebagainya. Hal itu bisa menambah wawasan pembaca di dunia jurnalis.

Buku yang mengangkat kritik terhadap media seperti ini sepertinya harus dibaca oleh banyak orang. Karena dengan membacanya kita dapat berpikir ulang tentang bagaimana menerima informasi yang terus kita terima sehari-sehari.

Terbitnya buku ini di ‘tahun panas politik’ agaknya memang tepat. Ia seperti oase di tengah keriuhan media yang tidak karuan. Kita sepertinya perlu berhenti sejenak untuk berkata-kata yang tidak berguna, dan mencoba menundukan kepala sambil membaca buku-buku penuh manfaat seperti buku ini.



Comments
0 Comments

Posting Komentar