DI BALIK TERBITNYA BUKU 'CELOTEH PELAJAR DOYAN REMEDIAL'


Menulis buku memang ndak mudah. Ndak semudah kita membaca buku pastinya. Dan gue berangan-angan untuk menulis satu buku dalam setahun secara rutin. Tujuannya apa? Ya sampai sekarang gue ndak punya tujuan pasti, tapi yang gue rasakan adalah kesenangan ketika buku sudah naik cetak.
            Dan buku gue yang ketiga ini: Coleteh Pelajar Doyan Remedial adalah hasil kumpulan tulisan yang menceritakan, mengkritik, menertawakan hal-hal yang menurut gue patut untuk kita resahkan bersama.
            Di balik terbitnya buku ini, ada peran penting dari Mas Rey selaku pihak penerbit. Kebetulan waktu itu ada promo terbit gratis, dan gue tertarik, kebetulan juga gue punya naskah. Desain cover, lay out, dan sebagainya dikerjakan oleh penerbit. Kecuali menulis dan editing, itu gue lakukan sendiri. Dengan ini gue ucapkan terima kasih banyak buat Mas Rey.
            And then, buku ini ndak seserius buku gue sebelumnya. Buku ini sangat ringan untuk dibaca oleh kalian yang sedang di angkot, di wc, menunggu gebetan di depan rumahnya, di mana saja kalian bisa baca buku ini.  
            Gue menulis buku ini pun ndak terlalu serius sih, tapi tetap, gue manaruh faedah yang bisa kita  (gue harap) terima bersama. Tapi ya imbasnya gue pernah ketiduran di kelas, ditegur sama guru, diceramahin karena gue nulis buku ini sampai larut malam. Sialnya, gue duduk di depan, jadi keliatan banget sama guru kalau lagi ngantuk parah. 
            Ada beberapa perubahan setelah naskah diterima di penerbit. Yang paling menonjol adalah judul bukunya. Judul buku berubah setelah dapat saran dari penerbit. Dan gue sesegera mungkin mencari judul baru. Gue diskusi sama temen-temen, hingga akhirnya diputuskan judul yang sekarang ini menjadi keputusan final.
            Omong-omong, gue suka sama cover bukunya. Bukan karena di sana ada foto gue, tapi ya emang kenapa ada foto gue? Okay, ini mulai ngelantur.
            Untuk mendapatkan foto yang ada di cover buku itu, cukup susah. Tempat fotonya di Lapangan Banteng setelah-gue-lari-untuk-nilai-pelajaran-olahraga. Jadi itu gue masih keringetan. Ketahuilah, kacatama yang gue pake boleh-minjem dari teman, namanya Winda. Dan Winda juga yang motoin gue. Ya, dia teman yang baik.
            Bisa jadi di tahun ini gue nerbitin dua buku. Iya, selain buku ini ada satu buku lagi yang akan terbit. Itu adalah hasil dari project gregetandotcom dan fiksimini. Bocorannya, buku yang satu lagi akan terbit memuat cerita-cerita kilat, atau flash fiction, alias anakan dari cerpen.
            Ndak cuma gue yang nulis buku itu, banyakan, alias antalogi. Sekarang masih dalam proses itu buku. Semoga buku itu terbit dengan sehat, deh.
           *
            Kembali ke buku Coleteh Pelajar Doyan Remedial. Kalian pasti akan bertanya, kenapa gue harus membaca buku ini?
            Okay, buku ini memuat cerita, kritian, coleteh gue tantang dunia ini dalam paradigma seorang pelajar. Gue mencoba mengajak kalian untuk melihat itu semua dengan paradigma seorang pelajar yang notabene masih mengalami fase labil, ndak percayaan, pengin tahu banget, dan semacamnya. Target pembaca buku gue pun orang-orang itu, pelajar-pelajar tadi.

            Ya, mungkin sampai sini saja ya.. ketahuilah, gue pengin banget bisa bertukar karya. Situ menulis buku, gue menulis buku, nanti tukeran gitu.




btw, gue punya video tentang proses pemotretan buat cover bukunya!
Yuk ikutan giveaway berhadiah buku saya! klik di sini

Comments
0 Comments

Posting Komentar