BEBAN HIDUP SETELAH LULUS SMA

foto pas masih kelas 10..


Sekarang memang saya belum benar-benar kaffah lulus SMA, tapi mulai dari sekarang, entah bagaimana mulanya, beban hidup saya tarasa begitu tambah berat. Pasti yang baru aja selesai UN SMA, pada bingung nyari kerja, pada bingung nyari kuliah. Ditambah lagi pikiran uang perpisahan yang belum juga terkumpul. Minta sama orangtua? Malu..
            Saya tahu pasti di luar sana ada banyak orang yang baru aja selesai UN yang pada sters, merasa beban hidupnya bertambah.
            Di saat seperti ini, seharusnya kita berpikir bahwa apa yang kita rasakan seperti ini belum seberapa dibandingkan dengan orangtua kita. Bayangkan, orangtua kita yang membiayai sekolah kita. Beliau yang memberi uang saku, membelikan seragam, semuanya. Beliau bela-bela kerja sampai malam demi kita. Tapi kita? Apa? Baru lulus aja udah ngeluh.
            Menjadi orang yang baru aja UN SMA, itu benar-benar berat. Karena di saat inilah kebiasaan-kebiasaan dulu harus dihapus. Kebiasaan minta uang saku, kebiasaan nakal, kebiasaan coba-coba. Itu seharusnya sudah ditinggalkan. Sekarang saatnya menatap ke depan menyongsong masa depan yang lebih cerah.
            Entah, setelah selesai UN SMA, saya menjadi lebih berpikir-dalam ketimbang sebelumnya. Atau inikah yang orang-orang bilang tingkat kematangan?
            Di saat-saat seperti ini saya berpikir bahwa untuk hidup di dunia ini sangat sulit. Untuk mencari sesuap nasi untuk diri sendiri pun sulit. Kita harus bekerja keras dan berkorban sampai berjuta-juta peluh berjatuhan. Memang hal ini sudah kita sadari sedari lama, tapi, baru akan lebih berasa ketika kita ndak mendapat uang saku lagi.

*ditulis ketika baru aja selesai UN

            
Comments
2 Comments

2 komentar

Bener banget tuh kang saya juga baru Lulus dari SMk dan bukan nya merasa bebas malah merasa ada beban/masalah yang bermunculan ya seperti itu bayar perpisahan sama tunggakan lainnya :) kalo masalah kerja saya engga jadi beban kang karna alhamdulilah selepas beres UN pun saya udah punya pekerjaan tetap :)

Reply

wah senangnya bisa langsung dapat pekerjaan teteap, jarang lho yang kayak gitu :)

Reply

Posting Komentar